ETS APSI

 

     1.Jelaskan jenis-jenis sistem informasi dan penggunaannya

  Sistem informasi adalah kumpulan prosedur dan teknologi yang digunakan untuk mengumpulkan, mengolah, menyimpan, dan mendistribusikan informasi dalam sebuah organisasi.



    1. Sistem Informasi Manajemen (SIM)                                                                                                  Sistem Informasi Manajemen digunakan untuk membantu  manajemen dalam mengambil      keputusan strategis. Sistem ini menyediakan informasi yang diperlukan oleh manajemen untuk memantau dan mengelola operasi organisasi, termasuk manajemen keuangan, manajemen sumber daya manusia, manajemen persediaan, dan lain-lain.
    2. Sistem Pendukung Keputusan (SPK)                                                                                                  Sistem Pendukung Keputusan adalah sistem yang membantu pengambilan keputusan dengan menyediakan informasi dan analisis yang dibutuhkan. Sistem ini digunakan untuk membantu dalam pengambilan keputusan yang kompleks dan strategis, seperti perencanaan bisnis jangka panjang, analisis risiko, dan lain-lain.
    3. Sistem Informasi Akuntansi (SIA)                                                                                                      Sistem Informasi Akuntansi digunakan untuk memantau dan mengelola informasi keuangan organisasi. Sistem ini digunakan untuk mengelola proses akuntansi, seperti menghasilkan laporan keuangan, membantu dalam pengaturan anggaran, dan lain-lain.
    4. Sistem Informasi Geografis (SIG)                                                                                                      Sistem Informasi Geografis digunakan untuk mengumpulkan, memproses, dan menganalisis data spasial atau geografis. Sistem ini membantu dalam membuat peta digital, pemodelan lingkungan, dan analisis spasial lainnya.
    5. Sistem Informasi Pemasaran (SIP)                                                                                                      Sistem Informasi Pemasaran digunakan untuk memantau dan mengelola informasi tentang pasar dan pelanggan. Sistem ini membantu organisasi dalam mengidentifikasi peluang pasar, merencanakan strategi pemasaran, dan menganalisis perilaku konsumen.
    6. Sistem Informasi Logistik (SIL)                                                                                                          Sistem Informasi Logistik digunakan untuk mengelola informasi dan proses yang terkait dengan rantai pasokan atau supply chain. Sistem ini membantu organisasi dalam mengelola persediaan, pengiriman, pemantauan ketersediaan, dan pengendalian biaya.
    7. Sistem Informasi Personalia (SIP)                                                                                                      Sistem Informasi Personalia digunakan untuk mengelola informasi yang terkait dengan karyawan, seperti data personal, absensi, penggajian, dan lain-lain. Sistem ini membantu organisasi dalam mengelola sumber daya manusia dan memantau kinerja karyawan.


   2. Kapan system request dibuat? Tuliskan isi dari system request?

        Sistem request dibuat ketika sebuah organisasi memiliki kebutuhan bisnis yang tidak dapat di penuhi oleh sistem informasi yang sudah ada atau ketika organisasi ingin meningkatkan efisiensi dan efektivitas operasional melalui pengembangan sistem informasi baru.
Adapun isi dari sistem request yaitu
    • Project Sponsor                                                                                                                    yaitu seseorang atau sekelompok yang memiliki tanggung jawab untuk membiayai, mendukung, dan mengawasi suatu bisnis. Project sponsor biasanya merupakan seorangp pemimpin dalam sebuah organisasi atau perusahaan yang memiliki otoritas tertentu.
    • Business Need                                                                                                                            yaitu suatu kebutuhan yang menimbulkan suatu permintaan dalam sebuah pasar bisnis. Business need biasanya didasarkan pada tujuan diciptakan bisnis tersebut yang berhubungan dengan perbaikan proses, peningkatan kerja, dan pertumbuhan peluang bisnis baru.
    • Business Requirement(s)                                                                                                            yaitu syarat-syarat yang harus dipenuhi dalam menjalani sebuah bisnis. Business requirement(s) harus didasarkan pada kebutuhan bisnis dan harus terukur, spesifik, dan dapat dibuktikan kebenarannya.
    • Business Value                                                                                                                  yaitu manfaat yang dihasilkan dalam menjalani sebuah bisnis. Business value biasanya terkait dengan tujuan strategis dan pencapaian tujuan bisnis, seperti meningkatkan pendapatan, efisiensi operasional, kepuasan pelanggan, atau peningkatan kualitas produk atau layanan.
    • Special Issue / constraint                                                                                                  yaitu permintaan atau kebutuhan khusus yang tidak termasuk dalam permintaan atau kebutuhan standar atau rutin. Permintaan atau kebutuhan khusus tersebut dapat berupa permintaan untuk layanan khusus, penyesuaian atau modifikasi khusus pada produk atau layanan, atau permintaan untuk mendapatkan izin atau persetujuan khusus dari pihak terkait.


3. Apa perbedaan dari businees need, requirement, dan value?

       Businees need sendiri digunakann untuk titik awal mengidentifikasi kebutuhan organisasi, sedangkan requirement di gunakan untuk merancang dan mengembangkan sistem informasi yang sesuai dengan kebutuhan tersebut, dan yang terakhir value di gunakan untuk mengevaluasi hasil dan manfaat pengembangan sustem informasi. namun ketiga unsur ini saling berkaitan dalam pengembangan sistem informasi.



4.  Deskripsikan strategi yang dilakukan dalam tahapan analysis?


  Tahap analisis merupakan proses mengidentifikasi  kebutuhan dan persyaratan sistem dalam melakukan pengembangan sistem. adapun stategi dalam tahap analysis yaitu :

  •   Mengumpulkan informasi tentang kebutuhan bisnis                                                                          Dalam tahap ini, perlu dilakukan analisis tentang bisnis dan kebutuhan pengguna untuk                  mengumpulkan informasi yang diperlukan untuk memahami kebutuhan bisnis dan menentukan    kebutuhan pengguna. Hal ini dapat dilakukan melalui wawancara dengan pengguna dan                pemangku kepentingan, observasi langsung, dan tinjauan dokumen.
  • Membuat model bisnis                                                                                                                Model bisnis digunakan untuk menggambarkan proses bisnis dan aliran informasi yang terjadi di dalam organisasi. Model bisnis dapat membantu mengidentifikasi masalah atau peluang bisnis, serta memahami cara kerja bisnis yang saat ini.

  • Menganalisis kebutuhan sistem Analisis                                                                                  kebutuhan sistem melibatkan identifikasi persyaratan fungsional dan non-fungsional dari sistem yang akan dikembangkan. Persyaratan fungsional menjelaskan apa yang harus dilakukan sistem, sementara persyaratan non-fungsional menjelaskan bagaimana sistem harus melakukannya.

  • Membuat spesifikasi kebutuhan                                                                                              Spesifikasi kebutuhan merupakan dokumen formal yang memuat persyaratan fungsional dan non-fungsional sistem. Dokumen ini akan menjadi panduan bagi tim pengembang dalam merancang dan membangun sistem.

  • Memvalidasi kebutuhan                                                                                                          Setelah spesifikasi kebutuhan dibuat, perlu dilakukan validasi untuk memastikan bahwa persyaratan yang diidentifikasi sesuai dengan kebutuhan bisnis dan memenuhi kebutuhan pengguna.

  • Mengidentifikasi risiko                                                                                                      membantu mengidentifikasi faktor-faktor yang dapat menghambat atau mengganggu pengembangan sistem dan mencari solusi yang tepat untuk mengatasi risiko dan kendala tersebut.

5. Bagaimana caranya untuk mendapatkan spesifikasi kebutuhan yang sesuai dengan system request? 

Untuk mendapatkan spesifikasi kebutuhan yang sesuai dengan System Request, ada beberapa hal yang dapat dilakukan, di antaranya:
  • Analisis System Request dengan teliti
Pada tahap ini akan membantu memahami tujuan dan kebutuhan sistem yang di minta pengguna. Dalam analisis ini, perlu diperhatikan juga konteks bisnis, masalah yang dihadapi, tujuan bisnis, dan potensi solusi yang mungkin.
  • Melakukan wawancara dengan pengguna dan pemangku kepentingan
Wawancara dengan pengguna dan pemangku kepentingan adalah salah satu cara yang efektif untuk memperoleh informasi yang dibutuhkan untuk menyusun spesifikasi kebutuhan yang tepat. Dalam wawancara ini, perlu ditanyakan pertanyaan-pertanyaan yang terkait dengan kebutuhan bisnis, proses bisnis yang ada, dan solusi teknologi yang diinginkan.
  • Menggunakan teknik analisis kebutuhan
Ada berbagai teknik analisis kebutuhan yang dapat digunakan untuk mengidentifikasi kebutuhan bisnis dan mengembangkan spesifikasi kebutuhan yang lebih rinci, seperti analisis SWOT, analisis kebutuhan stakeholder, analisis kebutuhan fungsional dan non-fungsional, dan lain sebagainya.
  • Melakukan validasi kebutuhan
Setelah spesifikasi kebutuhan dibuat, perlu dilakukan validasi untuk memastikan bahwa persyaratan yang diidentifikasi sesuai dengan kebutuhan bisnis dan memenuhi kebutuhan pengguna. Validasi ini dapat dilakukan dengan meminta pengguna atau pemangku kepentingan untuk mengonfirmasi bahwa persyaratan tersebut memenuhi kebutuhan bisnis yang dinyatakan dalam System Request.Vidio





Vidio Explainer





REFERENSI :

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SYSTEM REQUEST